Tuesday, July 31, 2018

SORBAUJAN PART 20 HURUF GHAIB

Oleh Halim Ambiya
Aku tak pernah memilih-milih tamu. Siapa pun yang berniat baik bertamu pasti kuterima. Tak terkecuali. Semua kuhormati, jika aku punya waktu senggang dan sesuai. Waktu menunjukkan pukul 00.30, tentu bukan saat yang tepat untuk bertamu. Namun, Cikgu Abdurrahman seperti memohon dengan sangat. Dia ingin mengenalkan aku pada seorang kawan malam itu juga.
“Aku tahu awak biasa tidur malam. Ini sangat penting, Bang Thariq. Kami harus bertemu. Ini masalah hidup dan mati.”
“Silakan Cikgu. Saya ada di rumah.”
“Terima kasih. Terima kasih, Thariq. Terima kasih,” ucapannya di telepon.
“Hmmm. Masalah hidup dan mati?!” bisikku penasaran. “Ada masalah apa lagi? Apakah ini masalah Datuk Rustam? Zahra? Atau Razi?” aku jadi semakin penasaran. Sudah hampir satu jam, tamu tak kunjung datang. Kulihat Yasmin sudah tertidur pulas di kamar. Sementara, aku duduk di ruang tamu sambil membaca buku dan mendengarkan radio Johor Bahru kesukaanku: RTM (Radio Televisyen Malaysia). Setiap hari, di jam ini stasiun RTM Johor biasa memutar lagu-lagu keroncong Melayu dan Jawa. Sebelum pemutaran biasanya diawali dengan sambutan khusus dari Raja Johor Bahru, lalu musik keroncong diputar non-stop semalam suntuk.
Sebagai orang berketurunan Jawa yang sedang merantau di Semenanjung Malaya, tentu saja mendengarkan musik keroncong Jawa adalah sesuatu yang mengasyikkan. Kehadiran musik semacam ini bisa mengobati rasa rindu kepada kampung halaman. Penyanyi keroncong seperti Waljinah, Sundari Soekotjo, Mus Mulyadi hingga Hetty Kusendang memiliki banyak penggemar di negeri ini. Bukan hanya digemari orang keturunan Indonesia, tapi generasi tua di Malaysia yang menyukai musik tempo dulu pasti mengenal nama mereka. Apalagi keluarga diraja Johor Bahru dan warga masyarakatnya yang masih memiliki ikatan darah dengan Jawa, tentu menjadikan keroncong sebagai persembahan yang mengagumkan. Aku juga menyukai penyanyi keroncong Kartina Dahari, penyanyi asal Malaysia yang terkenal di era 1960-an dengan album keroncong rindu yang memesona.
Bagiku, musik dan nilai-nilai luhur dalam sastra itu bisa dinikmati secara universal. Keduanya bisa menyadarkan orang dari nasionalisme sempit dan picik. Karena itu, saat polemik masalah kesenian tradisional, wayang, musik, dan batik antara Malaysia dan Indonesia, aku tak menanggapinya terlalu serius. Apalagi jika polemik itu dibawa-bawa kepada ranah politik luar negeri antar kedua negara. Klaim atas kebudayaan hanya membuat kita memecah persaudaraan. Selama berabad-abad, orang Melayu semenanjung Malaysia sudah mempunyai corak batik khas Melayu, bukankah di masa itu belum ditemukan kata “Indonesia” atau “Malaysia.” Begitu juga dengan kesenian Reog Malaysia. Orang-orang Jawa berketurunan Ponorogo dan Madiun di Johor Bahru sudah berabad-abad pula melestarikan reog. Dan, Jawa adalah bagian dari suku di Malaysia yang berandil besar bagi kebudayaan Melayu. Persentuhan kebudayaan ini sudah berlangsung berabad-abad.
Kalau kita mau jujur, kerajaan Malaysia memang lebih peduli terhadap kesenian khas daerah mereka. Meskipun kesenian wayang dan reog tak menjadi nafas keseharian masyarakat, namun mereka berusaha mempertahankannya dengan baik. Pemerintahnya benar-benar berusaha melestarikan dengan dukungan dana yang besar. Tak seperti pemerintah di Indonesia yang acap kali lalai dan tak mengabaikan potensi tradisi leluhur. Sejak dulu, Waljinah, Sundari Soekotjo dan Broery Marantika telah menjadi penyanyi di istana-istana kerajaan Malaysia. Mereka memberi apresiasi luar biasa terhadap musik dan kesenian kita. Sejak dulu pula, wayang Melayu, menjadikan tembang-tembang karawitan sebagai rujukan. Mereka mengadaptasi dan menggubahnya menjadi tembang rasa khas wayang Melayu. Ini biasa terjadi sebagai transfer kebudayaan. Lalu, saat kesenian modern menghajatkannya sebagai potensi pariwisata, Malaysia lebih maju selangkah dalam hal promosi.
Ketegangan kedua negara selalu dipicu oleh masalah politik sesaat, tapi tak akan pernah mengubah kordinat kebudayaan kita yang sama. Jika masalahnya adalah klaim atas kesenian dan kebudayaan, mengapa kita tak pernah memprotes Singapura yang sering kali menjadikan wayang, batik, dan kesenian khas Indonesia sebagai icon pariwisata dan promosi bagi negera itu. Di Eropa dan Amerika, Singapura selalu “menjual” kesenian kita untuk menarik turis berkunjung ke negeri singa itu. Semua itu adalah masalah kegagalan kita dalam mempromosikan kesenian dan kebudayaan kepada dunia. Kita sering kali kebakaran jenggot, manakala negara tetangga maju lebih dulu. Tapi, tak pernah menggali dan melestarikan secara konsekwen dan kontinyu.
Mestinya kita berbangga pada saat nilai-nilai kesenian dan kebudayaan khas Indonesia mewarnai dunia. Bukan malah menghujat dan mempersoalkan “klaim” sepihak yang kekanak-kanakkan. Memprotes boleh-boleh saja, tapi jika hanya sekadar hujatan dan tetap menjadikan kesenian sebagai anak tiri di negeri sendiri apa artinya? Bukankah, ketika kita menyukai musik Country khas Amerika, tak serta merta kita menjadi cowboy? Kita tetap Melayu, tetap Jawa, tetap Sunda. Atau, saat kita menyukai Michael Jackson, bermusik, berdandan dan bergaya ala raja pop itu, tak akan pernah ada protes dari orang Amerika sebagai pembajakan terhadap karya mereka.
***
Pukul 1.15 dini hari, Cikgu Abdurrahman dan 2 orang kawannya datang. Seseorang berwajah Cina dikenalkan sebagai DS Muhammad, mengaku sebagai orang Indonesia yang kebetulan sedang berkunjung ke Kuala Lumpur. Sedangkan satu orang lagi adalah seorang Melayu bernama Zaidi Ishak, dosen dari Universiti Malaya.
“Encik Zaidi dan Encik DS Muhammad ini berkawan lama. Aku tak pandai bahasa Arab. Encik Muhammad ini mendapat pengalaman luar biasa. Tapi, aku tak pandai. Awak boleh jelaskan,” tutur Cikgu Abdurrahman mengenalkan kawan-kawannya kepadaku. “Gara-gara pengalamannya itu dia dianggap sesat. Penemuannya dianggap berbahaya dan merusak akidah,” lanjutnya.
“Pak DS Muhammad punya pengalaman apa?” tanyaku penasaran.
DS Muhammad belum mau bercerita, dia hanya tersenyum aneh memandangku. Mengangguk-anggukkan kepala. Sesekali memandang ke arah Encik Zaidi. Meski berulang kali Cikgu Abdurrahman mempersilahkan agar menceritakan pengalamannya di depanku, tapi dia tak mau bercerita. Aku sangat faham dengan orang jenis ini, dia tak akan sembarangan menceritakan pengalamannya kepada orang yang baru dikenal. Aku tak mau memaksakan diri dan tak mau pula membuat Cikgu Abdurrahman serba-salah.
“Mungkin hanya kau yang boleh jelaskan, Thariq. Aku sengaja bawa Encik DS Muhammad kemari. Kamu orang pandai. Kamu boleh jelaskan semuanya. Aku tak pandai bahasa Arab,” kata Cikgu Abdrurrahman memecah kebisuan malam.
“Ahhh. Cikgu ini bisa saja. Sebenarnya, tanpa aku, Cikgu pun boleh jelaskan. Cikgu terlalu tawaduk,” jawabku. Aku merasa malu dipuji di depan orang yang tak kukenal. Apalagi dua orang ini belum mau angkat bicara. Rasanya sia-sia saja Cikgu Abdurrahman mengajaknya kemari.
“Masalahmu dengan Datuk Rustam diselesaikan dengan cara hebat. Aku sangat kagum mendengarnya. Kamu memiliki jiwa yang matang. Izinkan aku menjadi muridmu, Thariq,” ungkap Cikgu Abdurrahman lagi. Dia tampak serius, tak sedang berbasa-basi di depan kedua orang itu. Perlahan, Cikgu menyodorkan tangannya lagi. “Izinkan aku menjadi muridmu. Aku hanya belajar ilmu mendengar. Aku buta. Banyak kekurangan. Aku hanya belajar agama dari telingaku,” kata Cikgu Abdurrahman.
Aku segera menyambut uluran tangannya dan mencium tangannya. Seperti biasa, dia pun segera mencium tanganku. “Qabiltu,” ucapku dan ucapnya bersamaan.
“Cikgu adalah guruku,” kataku.
“Tak… Awak guru saya sekarang. Aku tak pernah belajar di pondok, aku buta. Aku tak pandai bahasa Arab. Awak sarjana Islam,” jawabnya cepat.
Kedua orang itu terheran-heran melihat reaksi kami. Kulihat senyum DS Muhammad berbeda dari sebelumnya.
“Beri aku nasehat Guru,” kataku.
“Kamu memiliki ilmu, sifat dan akhlak yang menakjubkan. Kau telah pun faham makna adil. Fasih menafsirkan arti hikmah dalam setiap masalah yang sedang kauhadapi,” ungkap Cikgu Abdurrahman.
Aku terdiam. Kedua orang itu sama. Suasana hening di ruangan itu menambah kekuatan pada kata-kata yang dikeluarkan oleh Cikgu Abdurrahman.
“Mana boleh aku jadi gurumu. Aku tak pandai bahasa Arab. Dua orang ini pun sama. Mereka datang kepadaku bertanya soalan bahasa Arab yang tak dapat kumengerti,” katanya lagi. Dalam hati aku berbisik, orang ini mengaku tak pandai berbahasa Arab, tapi tanpa sadar, sebenarnya dia sedang berbahasa Arab.
“Cikgu hanya buta mata zahir, tapi tak buta mata hati. Boleh jadi, Cikgu memiliki pandangan lebih jelas daripada kita,” kataku sambil senyum-senyum penuh kagum. “Beri aku nasehat, Guru,” kataku lagi.
“Hakikatnya, nafas bahagia insan itu wujud berkah Ilahi…” ucapnya sambil menarik nafas. “Sabar dan ikhlaslah menjalani hidup di dunia ini. Bermusyawarahlah dengan kalbu dan akalmu sendiri. Tafakur dalam lisan, kalbu dan amal badanmu. Insya Allah, rahmat dan ridha-Nya kelak jadi nur zahir dan batinmu, Thariq,” tuturnya.
“Subhanallah,” kataku. Aku segera menjabat tangannya dan mencium tangannya kembali. Aku memeluk Cikgu. “Terima kasih, Cikgu. Terima kasih,” kataku lagi.
“Boleh kah, aku merekam nasehat Cikgu, tadi?” pintaku.
“Kenapa harus direkam?”
Aku segera menyiapkan HP-ku untuk merekam. “Cikgu, boleh tak diulang kembali. Hakikatnya…nafas bahagia insan itu…” kataku mengulang kembali.
“Hakikatnya, nafas bahagia insan itu wujud berkah Ilahi. Sabar dan ikhlaslah menjalani hidup di dunia ini. Bermusyawarahlah dengan kalbu dan akalmu sendiri. Tafakur dalam lisan, kalbu dan amal badanmu. Insya Allah, rahmat dan ridha-Nya kelak jadi nur zahir dan batinmu,” tutur Cikgu Abdurrahman.
“Subhanallah. Terima kasih, Cikgu. Sebenarnya, dari tadi, Cikgu sedang bercakap bahasa Arab,” kataku sambil tersenyum gembira. Aku yakin, susunan kata ini mengandung kekuatan berbeda, apalagi keluar dari mulut Cikgu Abdurrahman. Orang ini memang bukan orang sembarangan.
“Apa awak nih?! Itu bahasa Melayu. Bukan bahasa Arab?!” kata Cikgu.
“Itu bahasa Arab, Cikgu.”
“Yang mana satu?”
“Semua yang tadi diucapkan Cikgu sebenarnya berasal dari bahasa Arab,” jawabku.
“Semuanya?”
“Betul, Cikgu. Hanya kata awalan, akhiran, tambahan, dan kata ganti saja yang bukan,” jawabku. Aku memutar kembali rekaman nasehat Cikgu Abdurrahman hingga ketiga tamuku itu penasaran.
“Hakikatnya, nafas bahagia insan itu wujud berkah Ilahi. Sabar dan ikhlaslah menjalani hidup di dunia ini. Bermusyawarahlah dengan kalbu dan akalmu sendiri. Tafakur dalam lisan, kalbu dan amal badanmu. Insya Allah, rahmat dan ridha-Nya kelak jadi nur zahir dan batinmu.”
“Hakikat, bahagia, badan.. Bahasa Arab kah itu?” tanya Encik Zaidi penasaran.
“Betul. Kata ‘hakikat, nafas, bahagia, insan, wujud, berkah, ilahi itu berasal dari bahasa Arab,” jawabku. Aku kembali memutar rekaman itu. “Kata ‘sabar, ikhlas, hidup, dunia, musyawarah, kalbu, akal, tafakur, amal, badan, insya Allah, rahmat, ridha, nur, zahir, dan batin’ itu semua bahasa Arab. Tanpa sadar, Cikgu Abdurrahman memberi nasihat dalam bahasa Melayu yang diambil dari cerapan bahasa Arab,” tuturku.
“Kata bahagia pun bahasa Arab kah?” tanya DS Muhammad membuka mulutnya.
“Betul. Kata ‘bahagia’ itu sebenarnya diambil dari kata ‘bahjah,’ itu hanya karena lahjah Arab khas Hadrumaut dan suku Arab lain, yang sering mengubah huruf ‘ja’ menjadi menjadi terdengar seperti huruf ‘g.’ Seperti nama Gamal Abdul Nasir, sebenarnya Jamal Abdul Nasir,” ungkapku.
“Apakah makna bahjah itu sama dengan kata bahagia?” tanya DS Muhammad lagi. Aku melihat Encik Zaidi dan Cikgu Abdurrahman pun mendengarkan dengan seksama.
“Sama. Itu bermakna bahagia,” jawabku.
“Lebih dari 3000 kata dalam bahasa Melayu-Indonesia adalah cerapan dari bahasa Arab. Sejak tadi, Cikgu Abdurrahman menggunakan bahasa Arab. Kata ‘mungkin, ilmu, takjub, adil, fasih, tafsir, makna,’ yang diucapkan Cikgu tadi pun bahasa Arab,” kataku lagi.
“Awak benar-benar mahir bahasa Arab,” kata Cikgu.
“Mahir pun bahasa Arab,” jawabku.
“Heran… Aku khawatir, niat Encik Muhammad silaturahmi pergi ke Melaka tak jadi gara-gara bertemu awak, Thariq,” kata Cikgu Abdurrahman.
“Kata ‘heran, khawatir, niat dan silaturahmi’ pun bahasa Arab, Cikgu,” jawabku yang diiringi dengan tertawa gembira dari tamu-tamuku malam itu. Kini semua tamuku tertuju kepadaku. Mereka menuntut penjelasan panjang lebar. Lalu, Yasmin pun terbangun dan menawarkan kopi panas kepada tamu-tamuku.
Aku menjelaskan tentang pola-pola kata serapan dari Bahasa Arab secara panjang lebar, baik pola serapan penuh ataupun serapan sebagian. Atau juga pola penyesuaian penyerapan lafal dalam kata Arab dan Melayu. Begitu juga dengan penyimpangan makna yang terjadi karena perbedaan struktur bahasa keduanya. Sebab, antara bahasa Arab dan Melayu-Indonesia memiliki perbedaan sistem aksara, struktur fonologis dan morfologis sehingga penyerapan kata bahasa Arab mengalami proses pengintegrasian, baik dalam percakapan keseharian, pengajaran ataupun tulisan.
“Kita berhutang kepada ulama dahulu,” kata Cikgu Abdurrahman.
“Betul, Cikgu. Bahasa Melayu sangat dipengaruhi ulama kita dahulu. Mereka mengajarkan Islam di Nusantara dengan cara yang luar biasa. Penyebaran Islam di Tanah Melayu ini tidak menggunakan kekerasan, tapi dengan membangun kekuatan peradaban Melayu yang agung, melalui perdagangan, transfer ilmu dan kebudayaan, serta dengan pendirian kesultanan. Sebagian besar kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara dibangun oleh wali-wali berketurunan Azmatkhan dan para sayyid (haba’ib) dari Hadramaut. Tak heran jika kita menyaksikan bahasa Melayu menjadi lingua franca; menjadi bahasa persatuan, perdagangan, bahasa resmi kerajaan, serta bahasa diplomasi antara kerajaan-kerajaan di Nusantara,” jelasku.
“Lalu, apa pengaruh bahasa Cina di Nusantara? Bukankah mereka juga sudah berabad-abad berada di negeri kita,” tanya Encik Zaidi.
“Bahasa Cina, baik Mandarin ataupun Kantonis, tidak berpengaruh besar bagi peradaban dan bahasa Melayu di Nusantara. Sebab bahasa itu menunjukan alam pikiran Melayu, kepercayaan, agama dan keyakinan,” jawabku.
“Oooh…Betul. Karena itu bahasa Cina yang mungkin diserap oleh orang Melayu hanya kata seperti ‘capcai’ dan ‘kangkung,’” kata DS Muhammad. Dia sudah mulai ikut nimbrung obrolan kami.
Cikgu Abdurrahman akhirnya meminta izin kepada DS Muhammad untuk menceritakan maksud kedatangannya menemuiku. Menurut penuturannya, orang berketurunan ini adalah seorang muallaf. DS Muhammad adalah nama Islamnya. Baru 10 tahun memeluk Islam. Dia masuk Islam gara-gara mendengar alunan bacaan Al-Quran dari sebuah masjid di Surabaya. Sejak itu dia datang ke ulama dan menyatan diri masuk Islam. Pada saat gairah ketertarikannya yang sangat tinggi dengan Al-Qur’an memuncak, tiba-tiba dia mendapat fenomena aneh. Namun, saat dia menceritakan pengalamannya tersebut, banyak orang menganggapnya sebagai orang gila, aneh, dan berpotensi terjebak pada kesesatan.
“Aku sering kali meminta kepada Allah untuk menunjukkan sisi kemujizatan Al-Qur’an. Jika aku telah merasakan suara bacaan Al-Qur’an sebagai mukjizat, berarti setiap huruf dalam Al-Qur’an adalah mukjizat,” tutur DS Muhammad. Orang ini mulai menceritakan pengalamannya sendiri. Dia tak malu-malu seperti sebelumnya. Dia telah pergi ke beberapa ulama dan pondok pesantren untuk belajar tentang tafsir Al-Qur’an. Mendengarkan banyak ceramah agama, baik melalui televisi, radio ataupun internet. Ada semacam dorongan bawah sadar yang menuntunnya untuk meminta pembuktian tentang kemukjizatan Al-Qur’an. Sarjana ekonomi ini belajar secara otodidak bahasa Arab untuk memudahkan pelajarannya tentang tafsir Al-Qur’an. Namun, belajar bahasa Arab di usia dewasa dan tanpa guru seperti di pesantren tentu memiliki kesukaran yang besar.
“Suatu malam, saat aku sedang berdzikir dan memegang Al-Qur’an, setelah usai shalat tahajjud, tiba-tiba di ruangan agak gelap itu aku melihat huruf-huruf hijaiyah muncul dari balik Al-Qur’an. Seperti hidup. Muncul seperti di film kartun. Saat aku membaca Al-Fatihah, tiba-tiba huruf-huruf pada surat itu keluar lalu membentuk kalimat. Persis seperti bacaan ayat-ayat dalam Al-Fatihah,” tutur DS Muhammad.
“Subhanallah. Luar biasa!” kataku. Menurut penuturannya, sejak saat itu, dia mulai meneliti tentang huruf-huruf Arab. Dia ingin tahu lebih mendalam apa makna huruf-huruf dalam Al-Qur’an secara semiotik. Dia belajar tentang ilmu tanda dalam suatu bahasa. Sayangnya, lagi-lagi karena dia orang baru, baru mengenal khazanah Islam, dan baru belajar bahasa Arab secara otodidak sehingga sering kali menemui jalan buntu. Namun, Tuhan ternyata menunjukkan dengan cara yang luar biasa. DS Muhammad mampu menjelaskan makna-makna huruf dalam Al-Qur’an seperti yang pernah diajarkan Syekh Ibnu ‘Arabi.
“Sejak kapan mengenal karya-karya Ibnu Arabi?” tanyaku.
“Baru seminggu ini aku membaca.”
“Baru seminggu?”
“Betul. Tapi, bukan itu yang mau kuceritakan, Pak Thariq. Aku telah meneliti huruf-huruf ini jauh sebelum aku mengenal pemikiran Ibnu Arabi,” tuturnya.
Ternyata DS Muhammad sengaja datang ke Kuala Lumpur untuk melanjutkan riset pribadinya agar bisa menjawab pengalaman batinnya tentang Al-Qur’an. Orang ini memang benar-benar seorang pencari Tuhan yang tak kenal waktu. Aku cukup kagum mendengar sepenggal ceritanya. Kemudian, dia membuka tas ranselnya dan mengeluarkan satu bundel buku catatan. Buku itu cukup tebal, terdapat banyak catatan-catatan di pinggirnya. Tampak seperti diktat atau seperti foto copy skripsi dengan binding spiral.
“Ini yang kutulis sejak 10 tahun lalu. Aku menulis makna setiap huruf hijaiyah yang terdapat dalam deret ayat Al-Qur’an lalu menjelaskan maknanya,” kata DS Muhammad sambil menyodorkan buku tanpa judul itu.
Aku membukanya dari lembar awal. Sementara yang lain melihat ke arahku. Tertera jelas nama penulisnya adalah DS Muhammad, orang di depanku. Dia menjelaskan makna huruf alif, ba, ta hingga ya. Setiap huruf dibuat penjelasan maknanya dengan bantuan peta konsep yang dibuatnya. Aku kagum dengan model susunannya. Meski dia tidak mahir dalam bahasa Arab, namun penjelasan hurufnya secara semiotis, sungguh dahsyat. Aku berbisik dalam hati, “Sungguh benar apa kata Imam Al-Ghazali, ‘Setiap huruf dari Kalam Allah SWT, hakikatnya terjaga di Lauh Mahfuzh adalah lebih besar dari Bukit Qaf. Dan, apabila malaikat berkumpul untuk mengangkat satu huruf saja (dari Al-Quran), niscaya mereka tidak akan sanggup, kecuali malaikat Israfil a.s., yang menjaga Lauh Mahfuzh dan pernah ikut mengangkatnya. Tapi, terangkatnya pun tak lain karena izin dan rahmat Allah SWT, bukan karena kekuatan dan kesanggupan mereka.’"
Aku ingin menguji orang di depanku. Kututup buku catatan ini. Aku ingin mendengar langsung penjelasannya. “Mas DS Muhammad, apa arti huruf Sin (س)?” tanyaku.
“Huruf Sin (س) itu bermakna getaran, pancaran, radiasi, pendar, spektrum, spout, suara, atau bermakna sebuah pelaksanaan. Contohnya kata وَسْوَاسِ , لِسَانَ . Coba perhatikan kata ‘was-was’ dan ‘lisan,’ bukankah tepat jika kata ‘was-was’ itu bermakna getaran jiwa, lalu kata ‘lisan’ adalah getaran suara. ‘Lam’ itu berarti menunjukkan, ‘Sin’ berarti getaran, ‘Nun’ itu berarti data atau informasi. Jadi, kata lisan itu bermakna ‘suatu getaran yang menunjukan data atau informasi.’”
Aku tertawa terbahak-bahak mendengar penjelasannya. Orang ini memberi penjelasan dengan hebat. Ini original penemuannya. Aku belum pernah mendapatkan penjelasan semacam ini dalam buku apa pun. Kalau pun Syekh Ibnu Arabi menjelaskan makna huruf, namun itu penjelasan makna mistis dan filosofis di balik huruf. Tapi, penjelasan Mas DS ini berbeda. Lebih fresh dan tidak berkaitan dengan mistis. Ini lebih sainstifik.
“Nanti, Kang Mas Thariq bisa uji ulang isi buku ini. Silahkan dipelajari peta konsep yang telah saya susun dari huruf ‘Alif’ sampai ‘Ya.’”
“Bagaimana jika huruf ‘Sin’ pada kata yang lain,” tanyaku penasaran.
“Huruf س (Sin) yang bermakna implementasi atau pelaksanaan, misalnya pada kata اَلْحَسَنُ (al-hasan) secara bahasa berarti “baik.” Kata ini terdiri dari huruf ال (alif dan lam) yang berarti “yang,” ح (ha) yang berarti “mendekatkan, mengarahkan, membawa, mendistribusikan. Lalu huruf س (Sin) sendiri berarti pelaksanaan. Jadi, dari sudut ilmu huruf ini, kata al-hasan berarti sesuatu yang baik atau al-hasan adalah yang mengarahkan suatu pelaksanaan kepada ketentuan-Nya (taat, tidak salah arah).”
“Subhanallah. Ini adalah penemuan dahsyat!” kataku. “Bagaimana kalau huruf ‘Syin’ ada titiknya tiga di atas?”
“Kalau ada titik tiga di atas berarti energinya lebih besar. Contoh kata ‘asy-syams’ yang berarti matahari. Jadi, asy-syams adalah sesuatu yang memancar dan pancarannya sangat terang. Sesuatu radiasi, radioaktif yang berasal dari fusi dan fisi nuklir. Bukankah penjelasan tentang huruf س (Sin) di atas tetap konsisten sesuai dengan peta konsep yang saya buat? Bukankah sains tidak bertentangan dengan Al-Qur’an? Bahkan, sangat dimungkinkan jika kode-kode ilmu pengetahuan yang terdapat di dalam Al-Qur’an mampu dibedah dari huruf ke huruf, pasti akan lebih banyak lagi orang mempelajari Al-Qur’an. Juga akan menambah penemuan-penemuan baru yang berguna bagi ilmu pengetahuan.”
“Subhanallah. Apakah Mas DS mendapatkan semua makna huruf ini pada setiap dzikir?” tanyaku penasaran.
“Betul. Tapi, bukan dalam satu waktu. Melalui proses panjang. Kadang, dzikir di malam hari, kadang di siang bolong. Kadang, saat berjalan atau sedang duduk termenung.”
“Subhanallah. Aku masih penasaran, Mas.”
“Silakan tanya… Tanya lagi,” kata Encik Zaidi. “Iya, tanya lagi,” sambut Cikgu Abdurrahman.
“Mas DS tadi bilang, huruf ‘Ha’ berarti mendekatkan, mengarahkan, membawa, mendistribusikan. Boleh dicoba, huruf ‘ha’ pada kata yang lain?” tanyaku. Aku tidak sedang menguji, apakah orang ini menguasai banyak kosa kata Arab atau tidak. Tujuanku hanya untuk meyakinkan apakah risetnya telah dijalankan secara teliti atau tidak.
“Contohnya, kata اَلْحِمَارُ (al-himâr) atau keledai. Berarti binatang yang bisa mengangkut dan membawa,” jawab Mas DS.
“Katanya, tidak banyak tahu bahasa Arab?” tanyaku penasaran.
“Tidak sebanyak Mas Thariq. Aku tahu kata al-himâr itu berarti keledai, karena kata itu terdapat dalam Al-Qur’an. Aku kan sudah bilang, yang menjadi objek penelitianku adalah huruf dan kata yang terdapat dalam Al-Qur’an, di luar itu aku tidak tahu. Karena, Al-Qur’an sudah ada terjemahnya, aku jadi fokus meneliti rangkaian hurufnya saja.”
“Oooh begitu. Berarti Mas DS nggak tahu, huruf ‘ha’ pada kata yang lain selain himar, atau jika kata itu tak terdapat dalam Al-Quran?”
“Betul. Karena kosa kata Arabku sangat terbatas. Aku tak banyak hafal. Aku fokus pada hurufnya saja.”
“Hmmm. Tapi, itu membuat penelitianmu bertambah meyakinkan. Aku menemukan huruf ‘h’ pada binatang lain yang lebih kencang membawa barang.”
“Apa itu?”
“Tadi, Mas DS bilang, huruf ‘h’ berarti membawa, mengangkut, mendistribusikan. Mas DS mencontohkan kata al-himâr (keledai). Keledai memang binatang yang bisa mengangkut barang dan menjadi tunggangan. Tapi, itu hewan pemalas. Tidak seperti hishon, kuda.”
“Oooh. Kuda itu bahasa Arabnya hishon?”
“Betul, Mas.”
“Terima kasih. Aku baru tahu.”
“Ada juga nama binatang yang biasa buat mengirim dan mengantarkan, tapi melalui udara.”
“Melalui udara, apa itu? Bukankah burung bahasa Arabnya tha’ir?”
“Hamamah, artinya merpati.”
“Subhanallah. Merpati membawa surat.”
“Huruf-huruf memang ghaib. Setiap huruf yang kita keluarkan dari mulut kita hakikatnya bukan kita yang menciptakan. Semuanya adalah ucapan Allah. Dialah yang menciptakan bahasa setiap makhluknya. Allah berkuasa pada setiap hurufnya. Setiap saat, semua hal, semua makhluk, semua dalam penciptaan Allah,” kata Cikgu Abdurrahman.
“Termasuk pengaruh bahasa Arab dalam bahasa Melayu atau Indonesia. Semuanya telah didesain oleh Allah untuk kita. Tak boleh ada kesombongan makhluk bagi para penggunanya. Kita hanya menggunakan secara turun-temurun, lalu kita menyepakati secara bersama tentang penggunaannya. Alangkah kerdilnya diri kita jika tak menyadari hakikat huruf yang keluar dari mulut kita,” tuturnya lagi.
Cikgu Abdurrahman menjelaskan kepada kita bagaimana huruf itu bersifat mistis. Seperti doa dan munajat yang dibuat orang untuk memohon kekuatan kepada Tuhan. Rangkaian huruf yang diucapkan oleh lisan kita menjadi persembahan mistis kepada Yang Maha Ghaib. Tak ada satu huruf pun yang luput dari kehendak Allah. Karenanya, Al-Qur’an sebagai kalam-Nya, pasti memiliki kekuatan mistis paling luar biasa jika dijadikan sebagai doa dan munajat.
“Mas DS, Anda menyebut huruf “ro” dalam buku catatan ini berarti bulatan. Ro juga berarti lingkaran, bulatan, pengulangan, bolak-balik, dan menunjukkan sesuatu yang bundar, meski huruf ini tidak begitu melingkar. Anda menyebut kata ‘mustadir’ (bulat), thariq (jalan). Rabb (Tuhan yang selalu berulang-ulang memelihara), lalu menyebut kata ‘tarbiyah’ berarti pendidikan yang selalu diajarkan berulang-ulang. Huruf ‘ro’ diasosiasikan dengan dengan simbol Dewa Matahari dalam kebudayaan Yunani, yang juga disebut ‘RO’ dengan tanda lingkaran ‘O.’ Lalu, dalam rumpun bahasa Germanic, Inggris atau Latin, huruf ini ditandai dengan huruf ‘R’ atau ‘r’. Apakah itu berlaku pada huruf dalam bahasa yang lain, selain Arab?” tanyaku.
“Kadang, Allah menitipkan pesan dan kode serupa. Kadang membiarkannya tanpa diketahui makhluk-Nya,” jawab Mas DS.
“Aku jadi heran. Setiap huruf yang mengandung huruf ‘R’ pasti mengandung unsur makna serupa. Contohnya, ring, roll, round, rotation, dalam bahasa Inggris. Ini seperti juga kata lingkar, bundar, sumur, ember, roda. Semunya memuat huruf R,” kataku lagi.
“Hahaha. Betul…Mengapa boleh macam itu? Rotation, remedial, radius, roundabout, routinized?” tanya Encik Zaidi.
Mas DS Muhammad masih tersenyum-senyum mendengar pertanyaan nakalku dan Encik Zaidi. Aku semakin tertarik dengan orang yang baru kukenal ini.
“Mengapa unsur huruf ‘R’ selalu bermakna serupa itu. Meski itu bukan bahasa Arab. Misalnya, mengapa ada kata sejenis: ruwet, runyam, ricuh, ripuh, rengek, rintih, rawan, lalu bandingkan dalam kata bahasa Inggris: riot, risk, radical, race, reactive, dan seluruh kata yang berawal “re” dalam bahasa Inggris yang berarti pengulangan,” kataku.
“Risywah berarti ruwet, runyam, rugi, rubes. Risywah menjadi kejahatan yang berlarut-larut, merepotkan, merusakkan.”
“Lalu, terjadi dimana-mana, karena lumrah, rakus, rampok, rusak, rapuh, repot, dan ruarbiasa!”
“Ternyata menjadi lingkaran setan gara-gara huruf R,” kataku lagi.
Mas DS, Cikgu Abdurrahman, dan Encik Zaidi hanya tertawa-tawa mendengar ucapanku. Obrolan terhenti saat adzan subuh mulai berkumandang. Kita seolah sedang berdzikir merenung makna huruf hingga pagi. Aku mendaulat Mas DS Muhammad sebagai imam subuh kami.

--BERSAMBUNG PART 21

https://www.facebook.com/tasawufunderground/posts/sorbaujan-part-20-huruf-ghaib/1694866340563293/
https://www.facebook.com/halim.ambiya

1 comment:

Unknown said...

andai saja dapat bukunya ds muhammad tentang makna huruf.

Mimpi 23 Romadhon 1442 H

 Sore kisaran jam 10 malam aku berangkat tidur biasanya tengah malam ini karena, mbarep lagi kongkow-kongkow jadi area kekuasaanku di ambil ...