Tuesday, May 17, 2016

Sama Tuhan kok Karaoke-an...

Sebenarnya tulisan saya kali ini bukan koq eksklusif buat yg beragama Islam thok lho yes, tapi insya Allah juga akan bermanfaat bagi yg lain.. Emang sih, saya dapatnya wangsit nulis ini pas sholat jum’at kemarin..
Tapi tulisan ini bukan koq melulu masalah sholat, malah lebih menyoroti cara kita ‘berkomunikasi’ dengan Tuhan, Berarti bisa juga kalian terapkan dalam do’a..lagian kan Tuhan kan milik kita bersama.. Selain itu, dalam tulisan ini akan membahas juga cara berkomunikasi sesama anggota keluarga koq.. So this is not just ISLAM only lho yes.. Hehe
Bener, Banyak kejanggalan yg saya alami pas Sholat Jum’at kemarin ini.. lha gimana ngga janggal, Biasanya saya dateng itu pasti wis kebaaak orang di dalam masjid. Kmarin Itu padahal udah jam 13.00 lho.. Pas dzuhur.. Tapi koq isih sepi, sehingga saya bisa duduk depan, beberapa barisan di depan mimbar..
Bahkan ngga sengaja juga ketemu temen saya mas Arief Artadi yg duduk di shaf depan saya.. Eh, iya, nanti bisa juga ditanyakan ke mas arief artadi, apakah beliau juga merasakan seperti apa yg saya rasakan?? Atau jangan2 hanya saya yg mudah ‘tersinggung’.. Hiiiksss…
Lanjut.. Sebenarnya, sejak dari rumah saya wis niat, klo pas kotbah jum’at mau duduk mojok di belakang.. sambil nulis, ngrampungke tulisan buat artikel tayang di kajiedan Sbab sore sebelumnya, udah ada ibunya penggemar kajiedan yg ketemu saya dan bilang klo anaknya protes,”ma.. Koq om onny dah lama ngga nulis lagi….
”Ooo.. Telooo kon diiiik… Lha situ moco thok.. Saya ini ngetik jeee…. Hihi.. Makanya sering coment doong, biar saya tau klo ente baca… Bisa dapet kaos lagi… Hahhahahaa ngga ding.. Emang sudah sebulanan saya ngga posting tulisan di kajiedan Saya lagi asyik membaca dan melihat-lihat media sosial, serta deg2an.. Akan seperti apakah republik kita oktober nanti…..
Kembali ke masjid… Lha gimana ngga ngelu, klo jum’atan di Perth itu kotbahe kwi biasane wis mesthi boso enggris, trus selingannya klo ada ayat, itupun boso arab dan diterjemahke ke boso enggris juga.. Kan ngelu aku.. Lha Toefl-nya masih klas kambing jee…
Malah Kadang2, klo yg Kotbah pas sodara kita yg jubahnya hitam, trus kulit beliaunya juga item.. Wis, pastiii cuntheeel.. Dijamin kotbahnya full boso arab.. Eh, tapi mbuh arab mbuh boso afrika ding, sing jelas 100% ra mudheng saya..pasti gagal paham saya..
Makanya ya itu tadi, saya dah niat mojok, nulis artikel.. Wong saya tuh klo nulis artikel buat ya cuman nulis di memo BB koq.. Jadi ra ketoro, Paling dipikir oleh jemaah samping saya lagi BBm-an kali.. Hehe
Nah, Pas selesai tahiyatul masjid, koq khotibnya juga pas naik mimbar.. Alhamdulillaaah jubahnya ngga item… Yaah, minimal tinggal ngelu krungu boso enggris, batin hatiku.. Sambil siap2 mengeluarkan BB ku.. Trus buka memo.. Cari file artikelku..
Tapi Masyaaa Allah, lha ini koq sejak kothib ngomong pertama kali sampai sesaat, koq aku jadi bisa nangkep yaa omongan boso enggris nya?? Aneeeh.. Bingung aku, 90% omongannya bisa saya tangkap dengan baik… Padahal saya yakin seyakin2nya toefl saya pasti tidak meningkat, dan masih tetep ‘kelas kambing’.. “Ono opo maneh iki”,batinku..
Yg jelas ada 2 hal yang bisa saya tangkap dan sangat berkesan di hati, hingga saya pengin segera nulis..
Tentang: “KOMUNIKASI Dengan TUHAN” Beliau mengingatkan jemaah, “apakah kalian paham arti Bacaan sholat?? apakah kalian paham mengapa Bacaan sujud itu emang musti diucapkan pada saat kita bersujud?? Paham ngga’ kalian makna dari Allahuma bait baini..??
”Belum selesai bingung saya, sang khotib sudah kirim sindiran berikutnya, “Dan karena sejak dahulu hingga sekarang tidak pernah ada aturan pembaharuan bacaan sholat, maka Jangan sampai ada malaikat yg senyam-senyum ngliat kalian sholat seperti menghapalkan lagu Koraoke..”. Wiiiiih.. Langsung ‘Mak Jleeg’ hati saya..
Lha gimana ngga ketampar saya? Bukankah Bacaan sholat yg saya pakai sampai saat ini, adalah bacaan yang saya peroleh saat saya diwajibkan oleh Almarhum pak Solichin guru agama kelas 1 SMA kami untuk maju dan hafalkan di depan kelas…??
“Masya Allaaaah, lha itu kan udah kejadian 30 tahun yang lalu.. dan berarti pula selama 30 tahun belakangan ini saya sholat hanya melantunkan hafalan yg artinyapun sudah ‘capet-capet’ saya mengingatnya… Jan hanya seperti layaknya berkaraoke.. Hanya hafal ucapannya, tanpa tau persis makna dan jiwanya”, batinku.. langsung lemes saya, pucet, trus mbrambangi..
“Astagfirullah.. Ya Allah maafkan hambamu, yg selama ini telah sombong, terlalu bangga dan meyakini pasti telah melaksanakan perintahmu sholat 5 waktu.. Tapi ternyata hanya sekedar melafalkan bacaan yg tidak saya pahami dan resapi artinya ya Allah”, sedih bener saya saat itu….
Belum pernah saya terpukul dan sesedih jum’at kemarin, padahal hanya karena mendengar dan memaknai kotbah yg disampaikan khotib lho.. Lha padahal yg ceramah bukan orang kita.. dan sudah seribu kali lebih sholat jum’at dengan kotbah bahasa indonesia saya lalui, Koq yaa baru kemarin terpukulnya, kotbahnya pakai boso enggris pisan….
Lha koq Belum habis sakitnya rasa terpukul saya, sang khotib menambahkan lagi ‘pukulan-pukulan’ tambahan, “sholat itu adalah salah satu cara kita berkomunikasi dengan Allah..”, sampai sini sih saya belum terpukul.. Lalu sang kotib melanjutkan kalimatnya,”jika kita ibaratkan sholat adalah komunikasi via telephone.. Siapa yg kita telephone? Allah bukan?? Naah, kira2 Allah bisa membedakan ngga? Mana2 orang yg bicara rapi, penuh makna serta tau persis apa yg disampaikan.. dibandingkan dengan orang yg asal ngomong tanpa menjiwai dan bahkan tidak tau arti yg dia sampaikan??”, tambah lemes aku…
Dan masih kata sang kotib lagi,”udah ngga menjiwai, ngga tau artinya, malah kadang2 ngga konsentrasi pikirannya melayang kemana2″ Waduuh, semakin pupus harapan saya untuk hanya sekedar dapat nilai ‘C’ atas ibadah sholat saya selama 30th terakhir ini.. Waaaah, Mules akuuu…
Kotbah jum’at kemarin semakin meyakinkan saya untuk harus segera meninjau ulang bacaan sholat dan juga Do’a2 lainnya, trus mencoba memaknai artinya, dan juga harus menjiwai..serta musti mulai konsentrasi..
Lha wong paling sering itu saya malah dapat ide untuk pekerjaan atau nulis malah ditengah2 sholat jee.. Waah, itu pasti godaan setan karena saya ngga konsentrasi.. Aseeem, selama ini malah tak anggep dapat wangsit karena sholat jeee… Aseeeeem-aseeeeem tenan setan ituu.
Dan akhirnya, hari itu juga saya langsung bereksperimen mencari solusi untuk bisa konsentrasi dalam sholat atau berdo’a.. Lha ternyata, Rupanya, dengan seksama memperhatikan kata-perkata lafal bacaan sholat atau do’a kita, Akan menambah konsentrasi kita dalam sholat ataupun berdo’a. Cobadeh.. Nanti pasti kalian rasakan….
Dan sekarang, tinggal tugas utama, mencoba menata ulang bacaan sholat, mencari artinya, dan berusaha menjiwainya pada saat telephone dengan Tuhan..!!
Kalimat penutup sang kothib juga perlu kita waspadai, cukup menampar sih,”Aneh, kalian sendiri yg berniat telephone menghubungi TUHAN, begitu udah nyambung malah nyanyi lagu karaoke, tanpa penghayatan lagi.. Apa ngga buang2 waktu??”. Hadhuuuuh… ‘Wal ashr’.. Maateeeeek akuuuu….
Tentang: “KOMUNIKASI dengan KELUARGA” “Saat ini orang2 berbondong2 bersaing untuk membeli perangkat komunikasi yg canggih.. Baik HP, ipad maupun personal computer.. Tau apa kata mereka ketika ditanya untuk apa beli?? Pasti jawabnya sama: ‘untuk membuka wawasan serta memudahkan komunikasi’… Selalu itu jawabannya..”, demikian sang kothib membuka kotbah keduanya….
“Membuka wawasan, saya setuju.. Menambah pengetahuan umat sehingga tidak ketinggalan jaman.. Saya sepakat”, lanjut sang khotib.. “Tapi masalah memudahkan komunikasi, perlu kalian tinjau ulang dan perhatikan..”, weh apalagi nih tonjokan dari sang kothib??
Dengan lantang beliau berseru, “Saat kita di luar kota, saat berjauhan dengan keluarga.. Handphone terbukti handal memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan anggota keluarga kita… Tapi apakah kalian sadari?? Apa fungsi HP pada saat anggota keluarga berkumpul..??? Yang ada hanya Mempersulit komunikasi keluarga.. Berkumpul satu meja, tapi masing2 sibuk dengan HPnya sendiri-sendiri.. Sehingga tidak ada komunikasi di meja keluarga itu..
”Wadhuuuuuuh… Trus gimana dooong??? 
 
sumber :http://www.kajiedan.com/

No comments:

Mimpi 23 Romadhon 1442 H

 Sore kisaran jam 10 malam aku berangkat tidur biasanya tengah malam ini karena, mbarep lagi kongkow-kongkow jadi area kekuasaanku di ambil ...