Monday, July 21, 2008

Jarimatika

Aku mengenal nama jarimatika blum lama ketika nonton tv siarannya Desy Ratnasari dan aku tertarik mungkin cocok kalo aku bisa dan aku praktekan dan aku ajarkan pada siapa saja, aku pun mencari informasi di internet dan eh ternyata ada bukunya juga dan bagus saya Salut sama penemunya hebat, dan dibuku tersebut para pembacanya ditantang untuk bisa memecahkan perkalian lintas golongan dan akhirnya saya penasaran sungguh hebat sang penemu dan penulis buku jarimatika saya semakin dibuat penasaran untuk melakukan pencarian dan syukur saya bida menemukan sedikit dari tantangan yang disebutkan dibuku tersebut.

untuk perkalian lintas yang saya temukan ada unsur penambahan contoh 6 x 11 =66
tutup jari kelingking kanan untuk angka 6 tutup jari kelingking kiri untuk 11, jari yang di tutup menunjukan puluhan kemudian di tambahkan 30 dan di tambahkan hasil perkalian jari yg berdiri dari tangan kiri dan tangan kanan dibacanya dua jari tertutup =20 + 30 di tambah 4 jari terbuka kanan di kali 4 jari terbuka kiri =16 rumusnya (t1+t2)+30+(s1xs2)=(10+10)+30+(4x4)=(20)+30+(16)=66

keterangan
t1 dan t2 = jari yang tertutup
s1 dan s2 = jari yang tebuka

rumus perkalian 7-10 dengan 11-15

6 = (t1+t2)+30+(s1Xs2)
7 = (t1+t2)+35+(s1xs2)
8 = (t1+t2)+35+(s1xs2)
9 = (t1+t2)+40+(s1xs2)

Yang saya sarankan kepada pembaca untuk segera memiliki buku Jarimatika karya ibu Peni sangat membantu untuk belajar anak anda.

No comments:

Mimpi 23 Romadhon 1442 H

 Sore kisaran jam 10 malam aku berangkat tidur biasanya tengah malam ini karena, mbarep lagi kongkow-kongkow jadi area kekuasaanku di ambil ...